Badan Dakwah Hari Besar Islam (BDHBI) Regional 5 Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) menggelar sholat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama masyarakat di sekitar Region Office Regional 5 PTPN IV, Senin (17/06/2024).

Sholat Ied yang pertama kalinya dilaksanakan di Halaman Tengah Region Office Regional 5 PTPN IV hari ini menjadi momen penuh makna serta memberikan kebanggaan tersendiri bagi karyawan. Pelaksanaan Sholat Ied dihadiri oleh Keluarga Besar Karyawan dan Purnakarya serta msyarakat sekitar tersebut dengan Ustadz Junaidi Ahmed, S.Pd.I sebagai Imam, sedangkan Region Head Regional 5 PTPN IV Khayamuddin Panjaitan bertindak sebagai Khatib.

Dalam khotbahnya, Region Head Regional 5 PTPN IV Khayamuddin Panjaitan menekankan pentingnya meneladani Nabi Ibrahim AS dalam hal ikhtiar, keikhlasan dan pengorbanan. Dikatakan bahwa kurban bukan hanya sekadar ritual penyembelihan hewan, tetapi merupakan simbol dari pengorbanan segala sesuatu yang diinginkan oleh jiwa demi mendahulukan kecintaan kepada Allah SWT. Pada hari raya Idul Adha, bukti ketakwaan ini diwujudkan melalui penyembelihan hewan kurban, yang mengajarkan kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketakwaan, terang Khatib Khayamuddin Panjaitan.

Khayamuddin Panjaitan, juga menyampaikan bahwa perayaan Idul Adha membawa banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik, diantaranya adalah konsep ikhtiar maksimal, keimanan yang menguatkan hubungan kita dengan Allah SWT, implementasi keikhlasan dalam segala tindakan, pentingnya ilmu dalam beribadah, cinta orang tua kepada anaknya, serta hormatnya anak kepada orang tua dalam membangun keluarga Sakinah Mawaddah dan Warahmah.

Khayamuddin juga menekankan bahwa sebagai insan, kita wajib berilmu agar dapat menjalankan ibadah dengan baik dan benar, sehingga kita mampu menyingkirkan jauh-jauh rasa kepemilikan kita terhadap perhiasan dunia. ”Jadilah kita merasa bahwa semua hanyalah titipan Allah SWT semata yang diamanahkan kepada kita. Dengan begitu kita lebih menghargai dan menjaga seluruh amanah, baik amanah jabatan, kekayaan, ilmu dan kesuksesan namun ikhlas ketika amanah-amanah tersebut diambil oleh Allah SWT”, ungkapnya.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, Regional Management Khayamuddin Panjaitan selaku Region Head dan M. Zulham Rambe selaku SEVP Business Support beserta Pengurus Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) Regional 5 PTPN IV dan Pengurus Badan Dakwah Hari Besar Islam (BDHBI) menyaksikan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di Halaman Belakang Region Office Regional 5 PTPN IV.

Idul Adha 1445 Hijriah ini menjadi lebih istimewa dengan partisipasi aktif dari karyawan Regional  5 PTPN IV. Sebanyak 93 ekor hewan kurban terdiri dari 76 ekor sapi dan 17 ekor kambing, disembelih dan disalurkan kepada karyawan dan masyarakat di 18 (delapan belas) wilayah kerja Regional 5 PTPN IV.

Dalam kesempatan pemotongan hewan kurban Region Head Khayamuddin Panjaitan menyampaikan bahwa betapa semua sudah berikhtiar dengan maksimal dan do’a-do’a telah dimunajatkan bahkan dalam khutbah tadi. ”Semoga Allah Ridho dan memberikan pertolongan serta kemudahan sehingga kebangkitan Regional V lebih cepat terwujud. Mari kita Kembali berserah diri kepada Allah SWT, semoga Allah ijabah ikhtiar dan doa kita semua sehingga Regional 5 khususnya dan PTPN IV secara umum lebih bermanfaat bagi kemaslahatan umat dan menjadikan wilayah kerjanya menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur (Negeri yang makmur dan damai dibawah Ridho dan lindungan Allah SWT)”, ujarnya.

”Kita berharap dapat terus meningkatkan kebersamaan dan kepedulian sosial melalui kurban, sehingga dapat memberikan kebermanfaatan terhadap masyarakat”, tambah M. Zulham Rambe, SEVP Business Support PTPN IV Regional 5.